Jared Leto Terhimpit Kasus Whitewashing dalam film The Outsider

Nampaknya kabar tidak sedap sedang menyerang Jared Leto. Kali ini tentang film terbarunya untuk Netflix The Outsider, yang menuai protes dan juga dituduh sebagai pemaksaan pemeran kulit putih atau Whitewashing.

Tentang Film The Outsider

Dalam film yang mana disutradarai oleh Martin Zandvliet dan juga skenarionya ditulis oleh Andrew Baldwin ini, Leto sendiri memerankan Nick Lowell, seorang tentara Amerika yang mana dipenjara di Jepang menyusul berakhirnya PD II (Perang Dunia II).

Di dalam film ini, Lowell sendiri mempunyai rekan yang berada di sel yang sama dengannya yakni seorang Yazuka yang membantunya untuk lolos. Untuk bisa berhasil lolos, dan mendapatkan bantuan untuk itu juga, Lowell disyaratkan harus bergabung dengan Yakuza.

Film yang disediakan oleh Netflix dan akan bisa dinikmati oleh penggemar Netflix ini pasalnya akan dibintangi oleh Raymond Nicholson, Emile Hirsch, Tadanobu Asano dan yang lainya. Dan film ini juga akan ditayangkan mulai tanggal 9 Maret mendatang.

Diduga Ada Whitewashing

Menyusul dengan beredarnya cuplikan film itu pekan ini, banyak yang juga mengritik film Judi Bola Online ini karena film ini dituduh memfokuskan pada karakter kulit putih dalam sebuah cerita yang memiliki latar Asia. “Ada #Whitewashing harfiah (Dr Strange, Ghost in the Shell) dan juga #Whitewashing kiasan di acara dengan latar Asia berpusat pada aktor berkulit putih,” tulis Nancy Wang Yuen, seorang penulis dalam cuitan di akun Twitter pribadinya.

“Serius, sesulit apakah membayar aktor Asia-Amerika untuk hal semacam ini?” cuit seorang netizen lagi.

“Satu lagi film yang mana aktor-aktor Asia hanya menjadi pajangan belaka dan ceritanya dengan latar belakang di Jepang-berpusat pada aktor Hollywood?” cuit yang lainnya lagi.

Baik Netflix atau Leto, keduanya belum merespon berita dan tuduhan ini. isu Whitewashing sudah sering sekali bergaung saat sineas mengganti karakter Asia dengan aktris atau aktor Barat dalam sebuah film. Beberapa film Hollywood yang mana juga dituding Whitewashing termasuk juga Doctor Strange, Aloha, dan juga Ghost in the Shell. Hellboy juga belakangan ini diributkan soal isu itu.

Ed Skrein, salah satu aktor dari film Hellboy, sampai mundur karena faktanya dia diminta untuk memainkan karakter keturunan Jepang. Padahal dia sendiri tidak ada darah Asia. Dan mundurnya Skrein dari film pun mendapatkan banyak sekali pujian dari banyak pihak juga.

Penulis The Big Short Buktikan Whitewashing

Penulis The Big Short, Michael Lewis, sudah taka sing lagi dengan dunia perfilman atau perbukuan. Sudah tidak terhitung lagi bukunya yang diangkat ke layar lebar. Dia lah sumber dari The Moneyball sampai The Big Short.

Akan tetapi Lewis menyadari ada satu  buah bukunya yang sampai kapan pun tidak bisa menembus dunia perfilman Hollywood. Buku tersebut adalah buku yang berjudul Flash Boy: A Wall Street Revolt yang diterbitkan pada tahun 2014. Padahal Hollywood sudah berniat untuk mengambil ide dari buku tersebut.

Masalahnya adalah, menurut Lewis, pemeran utama dari cerita tersebut adalah orang Asia. “Sekarang kemungkinan buku itu menjadi film, sudah hampir berakhir,” ungkapnya dalam forum yang ada di National Book Festival yang dihelat di Washington DC beberapa waktu yang lalu.

Katsuyama adalah karakter utama di buku milik Lewis itu, seorang CEO IEX. Ia bersama dengan sekelompok pekerja Wall Street mengungkapkan praktik jual beli saham tingkat tinggi yang kontroversial.

This entry was posted in Film Hollywood. Bookmark the <a href="http://my997theway.com/2018/03/09/jared-leto-terhimpit-kasus-whitewashing-dalam-film-the-outsider/" title="Permalink to Jared Leto Terhimpit Kasus Whitewashing dalam film The Outsider" rel="bookmark">permalink</a>.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *