Cagub Jatim bersaing ketat di Pilkada

Litbang Kompas mengadakan survey yang hasilnya dipublikasikan senin lalu bahwa pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestiano Dardak serta pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mempunyai peringkat keterpilihan sangat tipis, yaitu hanya 0.5%. Elektabilitas pasangan Khofifah – Emil adalah 44.5%, sementara kompetitornya, pasangan  Saifullah –  Puti 44.0%.

 

Diprediksi tipisnya hasil yang diraih ini karena kedua pasangan mempunyai basis pendukung agen poker terpercaya yang sama, yaitu masyarakat Nahdlatul Ulama (NU). Kedua pasangan pun mendapat perhatian cukup besar dari pemilih karena Saifullah serta Khofifah adalah tokoh yang populer pada bidang mereka. Dengan prediksi toleransi sampling error atau kesalahan pengambilan sampel sebesar sekitar 3.46%, keduanya mempunyai potensi yang sama untuk menang.

 

Tingkat elektabilitas dengan selisih yang sangat tipis ini pernah terjadi juga pada Pilkada Jatim 2008. Pada waktu itu tak ada pasangan calon peserta pilkada yang mendapat perolehan suara lebih dari 30%. Pasangan Khofifah – Mudjiono pada saat itu meraih 24.82% suara, sementara pasangan Soekarwo – Saifullah mendulang 26.44% suara. Pada putaran kedua, Soekarwo – Saifullah meraih 50.20% suara, sementara Khofifah – Mudjiono mendapatkan 49.80% suara.

 

Pada waktu itu pilkada dilakukan dua putaran karena terjadi sengketa sehingga pemungutan suara ulang harus dilakukan di Kabupaten Bangkalan serta Kabupaten Sampang Madura. Hal ini berpotensi terjadi kembali pada pilkada di tahun 2018 ini. Tahun ini merupakan kali ketiga pemilihan yang diikuti oleh Khofifah dan Saifullah. Pada Pilkada 2008 dan 2013  keduanya menjadi calon gubernur, namun di tahun ini Khofifah dan Gus Ipul sama-sama maju sebagai gubernur.

 

Dari data yang telah diperoleh terlihat bahwa masyarakat sudah dapat menilai kedua pasangan calon. Pada  pilkada kali ini pasangan Khofifah – Emil memperoleh dukungan dari koalisi Demokrat, Nasdem, PAN, Hanura, Golkar, dan PPP. Sementara pasangan Saifullah – Puti mendapatkan dukungan dari koalisi PKS, Gerindra, PKB, dan PDI-P. Popularitas kedua tokoh yang cukup besar membuat calon gubernur tersebut memperoleh respon yang tinggi dari masyarakat.

 

Khofifah adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU, dan Saifullah Yusuf adalah mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor dan saat ini menjabat sebagai ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sementara sosok calon wakil gubernur pasangan Khofifah, Emil Elestiano Dardak juga bukan orang asing di kalangan NU. Bupati Trenggalek, bersama pasangannya, Muhammad Nur Arifin ini, pada pilkada 2015 sukses mendulang hingga lebih dari 76% suara.

 

Emil sendiri berasal dari golongan Nahdliyin, sama dengan Khofifah. Ia bahkan pernah menjadi Pengurus Nahdlatul Ulama Cabang Istimewa di Jepang (PCI NU). Berikutnya calon wakil gubernur pasangan Gus Ipul, Puti Guntur Soekarno saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia yang telah bertugas selama 2 periode. Ia adalah putri dari Guntur Soekarno serta cucu dari proklamator Indonesia, Ir. Soekarno yang juga mantan presiden RI pertama.

 

Latar belakang dari pasangan Khofifah – Emil  tersebut diharapkan mampu mendulang suara yang besar terutama dari kawasan Mataraman atau Tulungagung, Blitar, Ngawi, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Madiun, dan Pacitan. Ini terbukti dari perolehan suara keduanya yang mencapai 47.2%, sementara pasangan Saifullah – Puti meraih suara sebesar 42.6%.

 

Sementara pada daerah basis Nahdlatul Ulama (NU), yaitu wilayah tapal kuda/Pandalungan (Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan, kedua pasangan cagub dan cawagub bersaing sangat ketat. Demikian gambaran Pilkada Jatim 2018.

This entry was posted in Pilkada. Bookmark the <a href="http://my997theway.com/2018/03/23/cagub-jatim-bersaing-ketat-di-pilkada/" title="Permalink to Cagub Jatim bersaing ketat di Pilkada" rel="bookmark">permalink</a>.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *