Hindari Hal Berikut Ini Saat Promosi di Sosmed

Para pemilik bisnis saat ini sudah semakin terbantu dengan keberadaan sarana promosi gadispoker yang praktis dan murah yaitu social media. Inilah sebabnya platform sosmed juga melengkapi fitur-fiturnya sebagai sarana promosi. Meskipun dikatakan mudah, faktanya dibutuhkan strategi khusus agar promosi produk yang Anda lakukan tetap menarik minat netizen. Anda penasaran? Berikut ulasannya.

 

Yang harus dihindari saat berpromosi via sosmed

Agar promosi via sosmed tetap efektif dan menunjang bisnis Anda, berikut ini beberapa hal yang harus dihindari.

 

  1. Jarang meng-update informasi – Jika tak diberitahu terlebih dahulu mana mungkin ada orang yang mengetahui informasi tentang bisnis yang Anda jalankan. Percayalah bahwa rasa penasaran bisa  timbul setelah seseorang mendapatkan informasi. Inilah alasannya mengapa Anda harus rajin meng-update informasi seputar usaha Anda. Beritahu follower Anda apa menu terbaru di café milik Anda, harga jaket ripped jeans yang sedang menjadi trend di butik Anda, atau desain furniture hand made terbaru di workshop Anda.

 

Bila Anda jarang meng-update berita akun bisnis Anda juga sulit terbaca oleh para pengikut Anda, akibatnya, mereka tak akan merasakan dampak yang signifikan setelah menjadi follower akun Anda. Lebih buruk lagi bila mereka kemudian berhenti menjadi follower Anda. Anda tentu tak ingin ini terjadi, bukan?

 

  1. Kurang komunikatif – Salah satu syarat agar promosi via sosmed berhasil adalah menjaga komunikasi dengan konsumen. Ini memang tampak merepotkan harus menjawab pertanyaan konsumen via fitur chat yang tersedia, apalagi bila Anda masih harus mengurus segalanya sendiri. Belum lagi konsumen yang sudah bertanya panjang lebar ternyata tak jadi membeli produk Anda. Bila Anda sudah mulai bosan cobalah mengingat lagi  untuk apa sesungguhnya akun sosmed tersebut dibuat. Bila Anda enggan berkomunikasi dengan (calon) pelanggan kesalahpahaman bisa saja terjadi dan ini tentu akan merugikan kedua belah pihak.

 

  1. Lambat merespon konsumen – Baik pada transaksi offline atau pun online berlaku peraturan bahwa pembeli adalah raja dan mereka semua ingin Anda merespon pertanyaan mereka atau membalas DM dengan cepat. Untuk membuat bisnis Anda mempunyai reputasi yang baik di mata pelanggan upayakan membalas pertanyaan mereka secepat mungkin, misalnya tentang ketersediaan barang, model yang diinginkan, harga, dan sebagainya.

 

Menunda untuk menjawab pesan atau pertanyaan akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk. Selain itu ada kemungkinan pembeli yang dimaksud sangat membutuhkan produk Anda sehingga saat Anda terlambat  merespon bisa saja mereka beralih ke penjual yang lain. Agar lebih mudah bagi Anda, beritahukan jadwal aktif saat Anda bisa meluangkan waktu untuk merespon mereka.

 

  1. Terlalu sering posting – Walaupun jarang update akun adalah hal yang tidak baik, sebaliknya terlalu sering mengirim postingan juga sebaiknya tidak Anda lakukan. Alasannya, para follower Anda bisa merasa jengah karena “barang dagangan” Anda memenuhi beranda mereka. Apalagi bila informasi yang diposting adalah hal yang sama dan dilakukan berulang-ulang. Terlalu sering menyampah di beranda pengikut bisa membuat Anda kehilangan mereka. Intinya, jagalah etika saat melakukan promosi via sosmed untuk memberi kesan bahwa bisnis Anda professional.

Harus disadari bahwa social media bagaikan pisau bermata dua bila berkaitan dengan bisnis. Pada sisi positifnya promosi bisnis dan branding dapat dilakukan dengan sangat cepat yang berpeluang mendatangkan pelanggan bagi bisnis Anda. Sebaliknya, bila terjadi sesuatu yang kurang berkenan di mata seorang konsumen, dengan satu kali saja postingan complain atau berita negatif, kepercayaan mereka pada Anda bisa hancur berantakan.

 

This entry was posted in Tips. Bookmark the <a href="http://my997theway.com/2018/05/17/hindari-hal-berikut-ini-saat-promosi-di-sosmed/" title="Permalink to Hindari Hal Berikut Ini Saat Promosi di Sosmed" rel="bookmark">permalink</a>.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *