Jokowi Lantik Andika dan Maruli, Sinyal Nepotisme

Jokowi Lantik Andika dan Maruli Sinyal Nepotisme

Jokowi Lantik Andika dan Maruli, Sinyal Nepotisme, Dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan, ada dua menantu dari orang-orang dekat Presiden Jokowi yang dilantik menempati 2 buah posisi penting dan strategis pada jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jokowi Lantik Andika dan Maruli Menantu Orang-Orang Terdekat

Yang paling anyar adalah Brigadir Jenderal Maruli Simanjuntak yang mana resmi diangkat jadi Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres).

Ia diketahui merupakan menantu dari Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Sebelumnya juga ada Letnan Jenderal Andika Perkasa yang dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang menggantikan Jenderal Mulyono.

Diketahui Andika sendiri adalah menantu dari Abdullah Mahfud (AM) Hendropriyono, mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Tanggapan datang dari Direktur Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) yakni Khairul Fahmi.

Ia menilai bahwa pengangkatan Andika dan Maruli ini tak terlepas dari unsure nepotisme. Hal tersebut karena keduanya pasalnya dekat dengan pusaran kekuasaan.

“Kalau tentang nepotisme, sedikit banyak memang bisa berpotensi memecah soliditas pada tubuh TNI karena kompetisi internal seakan-akan hilang. Andika dan Maruli terlihat seperti telah disiapkan sejak lama untuk menduduki dua posisi itu,” katanya.

“Ada kompetisi yang mana hilang dalam proses ini terkesanya sejak awal mereka ini memang telah disiapkan, bahkan mengabaikan. Cenderungnya abai pada kelayakan prestasi segala macamnya,” imbuhnya lagi. Dengan demikian, menurutnya lagi, perwira yang tak dekat dengan kekuasaan lalu berpotensi juga kehilangan semangat karena putus asa juga.

Jokowi Lantik Andika dan Maruli, Sinyal Nepotisme

Apabila hak tersebut tentunya saja bakal merugikan bahkan dapat membahayakan organisasi TNI serta negara.

Namun demikian, isu perpecahan TNI dikarenakan pengangkatan keduanya dapat diredam dengan berbagai macam cara. namun lagi, meskipun dapat diredam, Jokowi dan juga jajarannya mesti berhati-hati lagi supaya tak menggoyang keutuhan TNI sebagai sebuah organisasi.

“Apabila berbicara tentang potensi perpecahan, saya kira memang ada tinggal nantinya bagaimana itu dikonsolidasikan lagi namun tentunya luka akan tetap berbeas.

Kalau bisa disembuhkan namun saya kira akan tetap berbekas, saya kira itu filosofi penting untuk dijga. Artinya dalam hal ini jangan sampai terulang lagi ya pola pengangkatan yang saya kira kurang rapi,”

Jokowi Lantik Andika dan Maruli, Terkesan Jokowi Tersandera

Fahmi, lebih lanjut lagi mengatakan bahwa pengangkatan Andika dan Maruli ini mengesankan bahwa Jokowi tersandera karena terlalu menumpukkan kepercayaannya pada orang-orang terdekatnya misalnya Hendropriyono dan Luhut.

“Kesan begitu ada ya, karena kalau saya melihat bahwa menumpukkan kepercayaan dan juga kekuatan di satu atau dua orang atau segelintir orang itu lebih banyak bahayanya ya mudaratnya daripada manfaatnya untuk Jokowi,” katanya lagi.

Kesannya Jokowi tak menciptakan kompetisi yang sehat di lingkungan TNI dengan mengangkat Andika dan Maruli. Menurutnya, apabila Jokowi dapat menciptakan kompetisi yang sehat yang ada di lingkungan TNI bakal berdampak positif karena ia dapat memperkuat jaringan yang ada di sana.

“Karena semestinya kalau ada kompetisi sepanjang dapat mengelolanya lebih baik itu justru bakal lebih menguntungkan. Karena dengan begitu, ia bisa memperluas jaringannya lalu memperluas pengaruhnya di lingkungan TNI,” katanya.

“Dengan kesan ada anak emas seperti ini kan kesannya jadi kompetisi internal sendiri hilang, kompetisi tak terjadi, dan ada penumpuan kepercayaan pada segelintir orang. Ini berbahaya dan dapat merugikan,” katanya.

Muradi sebagai pengamat militer pun senada dengan Fahmi karena ia menilai pengangkatan Andika dan Maruli ini sarat dengan unsure politis. Cuma, tujuan keduanya diankat bukan lah untuk memenangkan petahan di Pemilu 2019.

This entry was posted in Berita. Bookmark the <a href="http://my997theway.com/2018/12/22/jokowi-lantik-andika-dan/" title="Permalink to Jokowi Lantik Andika dan Maruli, Sinyal Nepotisme" rel="bookmark">permalink</a>.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *