Menag Batalkan Adanya Pemotongan SPP Mahasiswa di PTKIN

Menteri Agama atau Menag Fakhrul Razi pasalnya membatalkan pemotongan uang kuliah Tunggal atau UKT ataupun yang disebut sebagai sumbangan pembinaan pendidikan atau SPP mahasiswa PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). pembatalan tersebut dilakukan karena anggaran Kementerian Agama atau Kemenag dipotong sekitar Rp. 2,6 T untuk mengatasi pandemic virus Corona yang sekarang masih berlangsung. 

Anggaran Kemenag dipotong, Tak Jadi Adanya Pemotongan SPP Mahasiswa PTKIN

Fahrul juga mengatakan bahwa pihaknya sebelumnya telah membuat surat edaran terkait dengan pemotongan UKT/SPP Mahasiswa PTKIN. akan tetapi setelah ada keputusan pemangkasan anggaran Kemenag yang bisa dikatakan tergolong besar kemudian pihaknya toto togel membatalkan surat edaran pemotongan biaya kuliah tersebut. 

“Kami tidak bisa bergerak apa-apa lagi. sehingga SE (Surat Edaran) ini tidak jadi  kami edarkan.  Jadi kami tetapkan untuk membayar seperti bisaa,”  ungkap Fahrul hari Rabu (29/4) di Jakarta.

Pensiunan Jenderal bintang 4 tersebut memandang bahwa pembatalan pemotongan UKT/SPP Mahasiswa PTKIN adalah keputusan yang adil. menurut dunia sekarang ini Mahasiswa juga tidak menerima pelajaran seperti sebelumnya akibat pandemic virus Corona. Namun demikian, Fahrul menyadari banyak sekali  orang tua mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi karena terdampak pandemic virus Corona. dirinya juga mengaku bahwa ia masih membahas bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani tentang masalah mahasiswa PTKIN  ini di tengah pandemic virus Corona. 

“Tetapi ini tidak bisa menyalahkan Menkeu karena bagaimana kita mengatasi COVID-19  ini.  Kami akan coba timbang-timbang lagi Bagaimana kami menghadapi ini,” imbuhnya. 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Direktorat Jenderal pendidikan Islam Kemenag mengeluarkan sebuah surat pemotongan UKT/SPP Mahasiswa PTKIN pada tanggal 6 April yang lalu. akan tetapi pada tanggal 20 April pemotongan UKT/SPP Mahasiswa PTKIN tersebut dibatalkan. Isi surat pembatalan tersebut adalah meminta pimpinan dari PTKIN untuk tetap menerapkan kebijakan dan juga ketentuan UKT sebagai mana keputusan Menteri Agama yang berlaku. 

Sekarang ini pembayaran UKT/SPP Mahasiswa PTKIN mengacu pada keputusan Menteri Agama nomor 1 1 9 5 tahun 2019 tentang UKT pada PTKIN di Kemenag tahun akademik 2020-2021 .Jenderal pendidikan Islam Kemenag, Kamarudin Amin, Pasalnya membenarkan surat edaran itu. Ia mengatakan bahwa pembatalan rencana pemotongan UKT/SPP Mahasiswa PTKIN karena anggaran yang digunakan untuk  menangani pandemi virus Corona yang tengah berlangsung di Indonesia saat ini. 

“Karena ada penghematan anggaran di Kemenag yang berdampak pada dana operasional PTKIN,” ungkap Kamaruddin  dilansir dari CNN Indonesia. 

Sebelumnya Kementerian Agama mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 65,06 triliun.  akan tetapi anggaran tersebut terpaksa harus dipotong menjadi Rp. 62,41 triliun guna menangani virus Corona yang sekarang telah terjadi di Indonesia.  perubahan tersebut pasalnya diputuskan sendiri oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Kemenag Pasalnya tidak hanya memusingkan soal anggaran yang tadi yang di canangkan untuk PTKIN,  namun mereka juga harus mengembalikan biaya nikah diluar KUA yang sebelumnya sudah diberikan oleh pasangan pasangan yang berniat untuk menikah di tengah-tengah pandemi corona ini. 

 Fakhrul Razi menyatakan bahwa pihaknya bakal mengembalikan seluruh biaya pencatatan nikah diluar KUA (Kantor Urusan Agama) sebesar Rp. 600.000 kepada calon pengantin yang sudah terlanjur mendaftarkan diri mereka setelah tanggal 1 April 2020.  Fahrul juga mengatakan bahwa Kemenag sudah menghapus seluruh prosesi akad nikah baik yang di darat maupun di luar akibat adanya virus Corona yang sampai sekarang masih berlangsung. “Artinya kalau yang sudah terlanjur membayar biaya nikah diluar KUA Padahal dia mendaftarnya setelah 1 April 2020 maka Uangnya bisa dikembalikan,” ungkapnya  pada awal bulan April yang lalu. 

This entry was posted in Berita. Bookmark the <a href="http://my997theway.com/2020/06/07/menag-batalkan-adanya-pemotongan-spp-mahasiswa-di-ptkin/" title="Permalink to Menag Batalkan Adanya Pemotongan SPP Mahasiswa di PTKIN" rel="bookmark">permalink</a>.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *